By | November 12, 2018

Taman Pintar merupakan salah satu wisata di Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Wisatawan di Taman Pintar didominasi oleh wisatawan anak-anak dan remaja. Tempat ini menjadi salah satu wisata yang menyuguhkan pembelajaran dengan cara yang unik. Berkunjung ke tempat ini tentu tidak hanya mendapatkan kesenangan saja. Wisatawan juga akan mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan di Sekolah.

Akses Menuju Taman Pintar

Taman Pintar menyediakan sarana pembelajaran sains bagi para pelajar. Sarana ini mampu mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi generasi muda agar mencintai sains. Taman Pintar terletak diantara Taman Budaya, Benteng Vanderbug dan Gedung Agung. Alamat lengkapnya berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta.

Akses menuju Taman Pintar sangat mudah. Jika anda berada di stasiun tugu, anda cukup berjalan kaki sekitar 1300 m ke arah Selatan. Jika dengan berjalan kaki merasa lelah, anda bisa naik becak atau andong. Untuk tarif naik becak sekitar Rp.10.000 saja. Sedangkan naik andong sekitar Rp. 20.000,00 saja.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar

Taman wisata Taman Pintar buka pada hari Selasa sampai Mingggu. Setiap hari senin akan libur kecuali jika bertepatan dengan hari libur nasional. Harga tiket yang ditawarkan bermacam-macam. Taman pintar menyediakan harga tiket masuk sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang mengunjungi tanpa rombongan, akan dikenakan biaya sebesar Rp.18.000 untuk dewasa dan Rp.10.000 untuk anak-anak.

Pengunjung akan dikenakan biaya untuk beberapa tempat yang ada di dalam wisata Taman Pinta. Pada wahana teather 3D, pengunjung umum dikenakan biaya sebesar Rp.20.000 dan pelajar Rp. 15.000. Sedangkan untuk rombongan dengan minal 20 orang, akan dikenakan sebesar Rp15.000.

Selain wahan teather 3D, Taman pintar juga meyediakan tiket unruk Progam Keratifitas. Program kreatifitas terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu kreasi batik, gerabah dan hand on science. Masing-masing kreasi tersebut dikenakan biaya sebesar Rp.5.000. Seluruh kreatifitas bisa diikuti oleh dewasa dan anak-anak.

Kreasi yang membutuhkan biaya agak tinggi yaitu mengikuti kreasi kaos. Bagi anak-anak yang mengikuti akan dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 dan Rp. 40.000 bagi dewasa. Pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 bagi yang menyukai melukis gerabah atau latihan menjadi presenter TV.

Aktifitas di Taman Pintar

Banyak aktifitas yang bisa dilakukan dalam wisata taman pintar. Didalam tempat wisata terdapat Gedung Kotak. Gedung Kotak berisi 10 zona yang bisa dilihat-lihat oleh para pengunjung. 10 zona tersebut yaitu zona koleksi keris, zona peraga turbulensi, zona pengolahan susu, zona teknologi otomotif, zona argo, zona cuaca iklim & gempa. Selain itu, pengunjung bisa menikmati zona batik, zona replika borobudur dan zona koleksi tokoh wayang.

Gedung selanjutnya yaitu gedung Memorabilia. Berada di gedung ini, pengunjung bisa mengetahui sejarah negara Indonesia. Misalnya mengenai sejarah beberapa tokoh pendidikan, kasultanan kraton dan kepustakaan kepresidenan. Pengunjung bisa sepuasnya berada di gedung ini.

Gedung Oval menjadi gedung terfavorit para pengunjung. Gedung Oval menyediakan berbagai zona yang berhasil memikat para pengunjung. Misalnya zona generator pedal, zona nuklir, ICT melihat bumi, Terowongan Ilusi, generator Van De Graft. Pengunjung sangat menyenaingi zona kehidupan purba zaman dahulu dan zona teknologi komunikasi.

Taman Pintar menjadi salah satu alternatif menghabiskan waktu bersama keluarga. Keluarga tidak hanya mendapatkan kesenangan semata, tetapi juga mendapatkan ilmu. Sarana pembelajaran sains yang ada di Taman Pintar mampu membuat anak menjadi lebih paham mengenai materi yang disampaikan di Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *