By | November 10, 2018

Taman Tino Sidin menjadi salah satu taman bagi orang-orang yang ingin mengembangkan kreatifitasnya. Taman ini didirikan oleh Pak Tino Sidin sendiri. Pak Tino merupakan salah satu seniman terkenal di Indonesia pada era tahun delapan puluhan. Taman Tino Sidin berbeda dengan taman-taman pada umumnya. Taman berbentuk museum kecil yang berisi berbagai karya-karya dari Pak Tino Sidin.

Taman Tino Sidin

Taman Tino Sidin

Akses Menuju Taman Tino Sidin

Taman Tino Sidin diresmikan oleh Prof. Mohammad Nuh sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rakyat Indonesia. Taman diresmikan pada tanggal 4 Oktober tahun 2014. Tempat yang dijadikan taman merupakan rumah Pak Tino Sidin yang dahulu ditinggali. Pak Tino hanya menambahkan beberapa ruangan yang dijadikan sebagai perpustakaan dan sanggar.

Anda akan dimanjakan dengan berbagai koleksi foto-foto, surat-surat pribadi, testimoni, kliping media masa dan masih banyak lagi. Taman yang berbentuk museum terletak di Jalan Tino Sidin No. 297 Kadipuro, Ngestiharjo kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Meskipun taman, tempat ini selalu ramai di datangi baik sendiri maupun rombongan.

Akses menuju taman terkenal ini sangat mudah. Jika anda melewati wilayah wirobrajan, tentu anda akan menemukan perempatan wirobrajan atau Jalan Remerta dinata. Dari Jalan tersebut, disilahkan menuju ke arah barat melewati jalan wates. Melewati jalan wates, anda akan menemukan Pom Bensin di sebelah kanan atau utara. Setelah melewati Pom Bensin, anda cukup lurus mengikuti jalan. Nanti akan ketemu dengan jalan Tino Sidin. Anda akan sampai hanya sekitar 100 meter saja dari jalan raya.

Harga Tiket Masuk Taman Tino Sidin

Harga tiket untuk memasuki Taman Tino Sidin cukup Rp.0 alias gratis tanpa biaya seperserpun. Anda cukup mengisi buku tamu yang sudah disediakan oleh museum. Jika anda datang bersama romobongan, diharapkan untuk memesan atau reservasi terlebih dahulu. Agar Taman Tino Sidin mampu memberikan pelayanan terbaiknya.

Taman sekaligus museum yang ada di Bantul buka setiap hari kecuali menjelang dan sesudah hari raya idul fitri. Selain itu, taman akan selalu terbuka lebar bagi anda yang ingin mengembangakan kreativitasnya. Jam buka Taman Tino Sidin yaitu mulai dari 09.00 sampai 16.00 WIB.

Aktifitas di Taman Tino Sidin

Aktifitas yang bisa anda nikmati disini yaitu bisa melihat berbagai koleksi baret khas milik Pak Tino. Kacamata, cat dan kuas yang dahulunya dipakai juga ditampilkan disini. Anda juga bisa melihat berbagai lukisan, sketsa, buku, memorabilia dan arsip-arsip penting milik pak Tino ketika masih hidup.

Berkunjung ke Taman Tino Sidin tentu harus dilihat-lihat dan dipelajari disana. Salah satu yang menarik yaitu anda dapat menonton video-video Pak Tino. Video-video tersebut merupakan video yang dahulunya menjadi salah satu program TVRI yang disukai oleh anak-anak. Program TV bertajuk Ge-mar Menggambar ini berhasil menjadi program favorit anak-anak di era 90-an.

Panca Takariyati Sidin adalah salah satu putri dari Tino Sidin yang giat mengembangkan taman yang menjadi sejarah ayahnya. Panca terus berinovasi dalam pengembangan dan kemajuan dari taman ini. Keingin terbesarnya, Taman Tino Sidin nantinya juga akan menceritakan perjalanan ayahnya secara mendetail.

Taman Tino Sidin bisa menjadi salah satu wisata edukasi yang bisa anda kunjungi. Anak-anak bisa mengembangkan kreatifitas dan ilmunya disini. Edukasi yang dimulai dari sejarah tentu akan lebih bisa diingat oleh anak-anak. Berada di teman ini, anda bisa menuangkan berbagai aktivitas seni budaya yang  semakin hari semakin luntur di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *