By | November 7, 2018

Museum Anak Kolong Tangga menjadi salah satu tuuan destinasi wisata pendidikan yang direkomendasikan. Museum ini menyajikan berbagai mainan anak dari zaman dahulu hingga sekarang. Museum anak kolong tangga merupakan museum mainan yang pertama di Indonesia. Tidak heran jika museum ini sudah berdiri sejak lama dan rama dikunjungi oleh para wisatawan yang didominasi oleh anak-anak. Museum ini dibuka untuk umum sejak tanggal 2 Februari 2008.

Akses Menuju Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga terletak di Jalan Tirtodipuran No. 26 Mantrijeron Kota Yogyakarta yang tepatnya berada di belakang Taman Pintar. Jika anda sedang berkunjung di taman pintar, tidak ada salahnya mampir di museum anak kolong tangga ini. Penamaan nama museum yaitu karena letak museum berada di bawah tangga Concer Hall TBY lantai 2. Jika anda berada di UII Sleman, anda bisa menggunakan bis Kaliurang-Condongcatur. Setelah sampai di Condongcatur, anda bisa menggunakan bis jalur 4. Untuk sampai di museum anak, anda membutuhkan waktu sekitar 53 menit saja. Sangat dekat bukan?

Harga Tiket Masuk Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga

Museum anak kolong tangga buka setiap hari, baik ketika weekday maupun weekend. Harga tiket untuk masuk di museum ini sangat murah. Anda cukup membayar Rp. 5.000 saja untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak. Anda sudah bisa melihat berbagai mainan dari generasi ke generasi. Hanya dengan Rp. 5.000 saja anda bisa menikmati berbagai mainan dari tempo dahulu hingga sekarang. Museum kolong tangga mempunyai lebih dari 16.000 koleksi mainan, permainan, poster, gambar, buku cerita dan lain-lain. Koleksi tersebut didapat dari berbagai wilayah di Indoneisa dan dari beberapa negara dunia. Namun karena tempat tidak memadai, mesum hanya bisa memamerkan 300 sampai 500 koleksi saja.

Aktifitas di Museum Anak Kolong Tangga

Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan bersama anak kesayangan anda. Meskipun bernama museum anak, tetapi museum ini banyak dikunjungi oleh kaum muda dan dewasa. Berbagai aktifitas bisa diikuti disini untuk semua umur. Museum juga menggelar acara setiap tahunnya. Pameran tahunan selalu mengangkat tema spesifik tentang dunia anak.

Salah satu program favorit yang dilakukan yaitu guiding. Kegiatannya yaitu mengunjungi museum dengan dibantu oleh relawan museum. Pengunjung berkesempatan mendapatkan informasi dan cerita dari setiap objek yang ada di museum. Museum iatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan dan kreativias anak. Ana-anak diperkenankan untuk membuat mainan dengan menggunakan berbagai barang-barang bekas dan bahan alam yang ada disekitar lingkungan.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan perpustakaan burung biru. Perpustakaan hanya boleh dimasuki oleh anak-anak saja. Anak-anak bisa membaca buku, bersenandung, bermain, bercerita, dan berbicara dengan anak-anak seusianya. Kegiatan burung biru dilaksanakan setiap hari sabtu pada jam tiga sore hingga jam 5 sore saja. Museum kolong tangga juga menghadirkan atau menerbitkan majalahnya sendiri. Majalah tersebut dikenal dengan majalah kelereng. Majalah ini hanya bisa anda temukan di museum ini saja. Adanya majalah kelereng diharapkan mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi anak. Anak-anak bisa mempublikasikan karya-karyanya melalui majalah ini.

Museum Anak Kolong Tangga bisa menjadi alternatif anda dalam mendidik anak dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak tidak hanya mendapatkan kesenangan dalam melihat keindahan berbagai mainan. Tetapi anak juga diajarkan berbagai edukasi menarik dengan menyenangkan. Anak-anak akan semakin berkembang dan meningkat kecerdasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *